>

LSM LASKAR HIJAU INDONESIA BANTU FASILITASI PULUHAN RIBU BIBIT BPEDASHL KE BEBERAPA DESA


LSM LASKAR HIJAU INDONESIA BANTU FASILITASI PULUHAN RIBU BIBIT
BPEDASHL KE BEBERAPA DESA SEJAK TAHUN 2012 - 2019


KERJASAMA LSM LASKAR HIJAU INDONESIA DENGAN BPEDASHL



MEMFASILITASI BANTUAN BPEDASHL

Membantu memfasilitasi bantuan Lembaga Baik Pemerintah Khususnya BPEDASHL Citarum Ciliwung kepada masyarakat adalah salah satu Komitmen LSM LASKAR HIJAU INDONESIA untuk Menghujaukan Alam Khususnya Kab.Bogor .





Sudah ribuan dan bahkan ratusan ribu bibit sudah diberikan LSM LASKAR HIJAU INDONESIA kepada masyarakat dari berbagai desa sejak tahun 2010 - 2019 .
Bantuan Pemerintah kepada masyarakat yang di fasilitasi oleh LSM-Laskar Hijau Indonesia setiap tahun untuk masyarakat masih terus tetap berjalan sesuai komitmen LSM LASKAR HIJAU INDONESIA..


Sebelum dibukanya Balai Pambibitan di wilayah dermaga Laskar Hijau Indonesia sudah bekerjasama dengan Dinas Kehutanan ,Lalu melalui kehutana LSM LHI didorong untuk mengambil program bantuan Kebun Bibit Rakyat dari Kemenhut melalui kerjasama BPEDAS.
Cuma bedanya Program bibit Rakyat dikelola masyarakat dengan menyemai sendiri bijinya lalu setelah panen di berikan kepada masyarakat secara gratis,program ini sangat baik untuk menambah ilmu bagi kelompok tani,sebab kelompok akan mampu kedepannya menjadi petani bibit.namun lain menteri lain lagi Ide dan Programnya,sekarang ini sudah dikelola oleh Balai pembibitan BPEDAS Citarum Ciliwung.



Masyarakat saat ini sudah lebih cerdas menilai apa yang terbaik untuk kemajuan dan kepentingan hajat orang banyak untuk lebih mencintai lingkungannya,masyarakat sangat berharap kepada Kemenhut ataupun BPEDASHL untuk lebih banyak memproduksi bibit Produktip daripada bibit kayu kayuan jika Indonesia mau hijau lebih lama,sebab jika pohon kayu yang ditanam penghijauan hanya dinikmati sekejap saja,jika panen datang maka semuanya di tebang habis ,walaupun ada pelatihan cara memanen kayu yang benar,namun petani memiliki kebutuhan yang banyak.untuk itu  BPEDAS harus mampu menjawab ke inginan masyarakat dalam menghijaukan lingkungan Alam berbasis kesejahteraan yaitu perbanyak bantuan bibit produktif kepada masyarakat  karena selama ini mereka menilai kegiatan untuk menghijaukan lingkungan menjadi sia sia saja karena hanya dalam beberapa tahun saja hijau setelah itu gersang kembali..


Laskar Hijau belakangan ini banyak mendapat masukan dan memantau kegiatan pertanian penanaman kayu,dan menerima masukan dari beberapa kelompok tani,agar mengupayakan bantuan bbit produktip lebih banyak lagi ketimbang bibit kayu kayuan.pertanian


Semoga masukan ini akan mendapat respon yang baik oleh Pemerintah Khususnya Kementerian Kehutanan dan BPEDASHL Citarum Ciliwung.
Memang jika kita berikan bibit pohon kayu kepada masyarakat belum sampai usia  5 tahun hutan akan gundul kembali karena di panen secara keseluruhan oleh Petani,tetapi jika Bibit Produktif yang diberikan maka bukan tak mungkin buahnya saja yang di panen dalam beberapa puluh tahun.
Jadi intinya Pemerintah dalam hal ini kemenhut dan BPEDASHL harus sudah mulai membuat program bantuan bibit Produktip lebih banyak lagi.


LSM Laskar Hijau Indonesia selain melakukan penghijauan di berbagai Desakini mengelola Hutan Masyarakat Menjadi Pariwisata yang berlokasi di Desa Wangunjaya dengan nama Destinasi Wisata PAWAJA,LSM Laskar Hijau Indonesia bekerjasama dengan LMDH Laskar Hijau yang masih binaan LSM LHI dengan Luas 67 Ha.Destinasi Wisata Pawaja ini lebih mengedepankan konsep Agro Wisata,untuk itu kami memohon kepada BPEDASHL Dan Kemenhut agar dapat membantu merealisasikan Proposal kami yang saat ini sedang menunggu antrian di BPEDASHL.
Permohonan Bantuan Bibit Produktip seperti Durian Okulasi,Mangga,Rambutan,Apel,Alpukat dan buah lainnya,jika ada bibit Straw berry,dan semua ini akan di flot masing masing 8 Ha sesuai Area dan jenis Bibit,sehingga kedepannya PAWAJA memiliki tempat wisata buah yang beraneka ragam jenisnya.
.

Harapan kami kepada Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Khususnya BPEDASHL Citarum Ciliwung Dapat merealisasi Proposal Kami.


LSM LASKAR HIJAU INDONESIA Memiliki pembinaan pada beberapa Lembaga dan Poktan seperti : 22 Poktan Laskar Hijau Dan 3 LMDH Laskar Hijau di Kab.Bogor 1 Pelabuhan Ratu 1.Bayah Banten 1.Cianjur dan 1 lagi Sukabumi.

LMDH Laskar Hijau Desa Wangunjaya Dengan Ketua   : Ocang Iskandar
LMDH Laskar Hijau Desa Leuwisadeng Dengan Ketua : Soleh Iskandar
LMDH Laskar Hijau Desa Banyuresmi Dengan Ketua Mad Hapi.

Salah satu Poktan Laskar Hijau Desa Pabangbon yang dipimpin oleh Bapak Enday Hidayat
pertama kali mendapatkan Bantuan KBR yang di serahkan Oleh Bapak menteri Zulkifli Hasan pada Tahun 2012.



Intinya Laskar Hijau sudah tidak Asing lagi namanya didalam lingkungan BPEDASHL.
dan tidak meragukan kegiatan dalam menghijaukan alam,dari mulai menyemai bibit sampai melakukan pembuatan pupuk berbagai jenis sudah dilakukan oleh Anggota anggota Laskar Hijau Indonesia.

Ini adalah salah satu Documentasi Pengambilan bibit yang dibutuhkan Lembaga Pemerintah Yaitu Bapak H.Nanang sebagai Kepala UPT Puskeswan Peternakan wilayah III G.Sindur.


Beberapa Documentasi yang kami lampirkan dalam laporan ini hanya sebagai bentuk Gambaran saja.



Ini adalah Destinasi Wisata PAWAJA seluas 67 Ha yang sudah termasuk Perencanaannya untuk Agro Wisata sekitar 30 Ha.
LSM Laskar Hijau Indonesia Sebagai Pelopor dalam Kegiatan membangun destinasi wisata pawaja selama 2 ( dua ) tahun lamanya  walaupun selama dua tahun melakukan kegiatan membangun wisata masyarakat tetap bersabar dan terus membangun walau tanpa bantuan pemerintah,tidak dapat dibayangkan bagaimana gaji mereka dan makan mereka,itulah semangat perjuangan mereka dalam menggapai cita cita demi kemajuan dan peningkatan ekonomi mereka kedepan.
Seharusnya pemerintah bersyukur ada masyarakat yang mampu membantu pengembangan wilayahnya dan bahkan membantu meningkatkan PAD.
Ketika Pemerintah bertanggung jawab atas kesejahteraan masyarakatnya sulit untuk dicapai maka semangat inilah yang harus di tekankan dan di bantu untuk mempercepat proses  pengembangannya sehingga Pemerintah dapat keringanan dari kegiatan masyarakat yang antusias ini,dengan adanya kegiatan ini maka berkuranglah pengangguran di Kab.bogor serta kesejahteraan sudah jelas akan bertambah.











Semoga BPEDASHL segera merealisasikan Proposal Bantuan yang kami ajukan tentang Bibit Buah2an untuk membangun Wisata Agro di Panorama Alam Wangunjaya,
dengan adanya realisasi bantuan dari pihak lembaga lain maka terbantulah masyarakat yang memiliki cita cita membangun peningkatan ekonominya demi mancapai hidup yang sejahtera dan bagi yang masyarakat sudah lanjut usia yang mengikuti Investasi tenaga dengan imbalan Persentase dari hasil usaha bersama di Pawaja akan dapat menikmati hasilnya sambil menjalankan ibadahnya dengan tenang tanpa dikejar kejar oleh sejengkal Perut.maka Mulialah kita semua dihadapan Allah SWT dalam menjalankan tugas kita masing masing.


LSM Laskar Hijau Indonesia sebagai Control sosial tidak sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Lainnya yang selalu menjalankan aktivitasnya kebanyakan untuk kepentingan pribadi,mencari kesalahan dan Kebobrokan Pemerintah dengan ujung ujungnya Kepentingan Pribadi yang lebih di utamakan daripada kepentingan Masyarakat.
LSM LHI komitmen sebagai jembatan Bagi masyarakat ke Pemerintah,sehingga apapun program pemerintah untuk Rakyatnya akan dapat di nikmaati dalam jangka waktu yang panjang.


Saya selalu menekankan terhadap anggota dan masyarakat bahwa Niatkan sisa waktu yang ada di sela waktu yang tersisa hanya semata mata untuk Menambah Amal Ibadah bukan untuk mencari nilai nilai Rupiah,sebab tanpa kita sadaripun bahwa penghijauan yang kita lakukan adalah suatu amal ibadah yang tak kasat mata,hanya Allah yang tau Perkataan mahluk bumi seperti halnya ribuan mahluk yang mengucapkan terima kasih atas kegiatan kita coba bayangkan itu.
Jika kita sudah mendapatkan hal itu maka kita akan mendapatkan ke untungan yang bahkan melebihi Rupiah itulah tingkat kesejahteraan yang utama yang selalu saya tekankan kepada anggota Laskar Hijau.
 


Untuk Pemerintah sekalipun jika pemilik kepentingan memiliki pemikiran yang sama dengan apa yang kita lakukan maka semuanya akan berjalan lancar dan berkah yang kita dapatkan dlam melaksanakan tugas tugas kita selama kita masih diberi waktu kekuasaan oleh sang khalik,namun jika sudah tidak ada lagi kekuasaan kita dan kita lalai dalam melakukan hal yang benar maka penyesalanpun sudah lazim datangnya terlambat.
untuk itu marilah kita secara bersama sama membangun bangsa khususnya wilayah kita Kab.bogor tercinta ini dengan satu tujuan.
Allah memberikan kita jabatan dan jadikanlah jabatan itu hanya untuk tujuan amal ibadah,Insya Allah kita akan selamat dunia dan akhirat.








Mohon maaf yang sebesar besarnya terhadap teman dan kerabat khususnya kepada siapapun yang membaca tulisan ini,bukan maksud menggurui tetapi inilah cerita hidup yang selama ini kujalani sebagai Ketua Umum LSM Laskar Hijau Indonesia yang memiliki anggota ribuan,jika kita memimpin masyarakat dengan jumlah yang banyak maka dengan satu ucapan yang salah dan di ikuti olehmereka maka Berapa banyak Dosa yang kita dapatkan.namun sebaliknya jika sehari hari kita tanamkan sikap yang baik apalagi sikap itu menyangkut Amal ibadah,maka yang kita dapatkan dari Allah SWT pastilah nilai terbaik.


Tidak bermaksud mengungkit ungkit apa yang sudah dilakukan,tetapi jika apa yang kita lakukan ini di ikuti oleh orang lain maka imbalannyapun akan kita dapatkan.
Bayangkan selama 2 tahun membangun Pariwisata Pawaja dengan jumlah gotong royong sebanyak 560 anggota terdaftar dalam kegiatan ini hanya kita sendiri yang mengatur semua kebutuhan di lapangan.
Dari mulai Masak makan bersama sampai Rokok dan yang lainnya kita yang berupaya menanggulanginya,tak sedikitpun perasaan ini merasakan kerugian baik materi maupun pikiran,walaupun nilainya mencapai ratusan juta rupiah.karena didalam niat yang awal tadilah hingga terciptanya satu Rencana Lapangan kerja bagi masyarakat,apabila ini sampai tuntas selanjutnya oleh pemerintah maka berhasillah apa yang di niatkan sejak awal
yaitu mencari tambahan Amal Ibadah,mengapa demikian,pastinya mereka akan bersyukur dan bahagia telah mendapatkan hasilnya untuk menghidupi anak dan isteri mereka kedepannya pasti itu doa mereka setiap saat.
belum lagi doa mahluk mahluk yang ada di perut bumi yang bersyukur kepada Allah atas adanya Kegiatan penanaman pohon,


Sedikitpun keraguan di dalam prinsipku sebagai pelopor Pembangunan Lapangan kerja di Pawaja ini
yakin Allah akan memberikan dan mengabulkan doa doa yang jumlahnya tidak sedikit.


Sekali lagi saya sebagai Ketua Umum LSM Laskar Hijau Indonesia mengajak Para Pejabat Pemangku kepentingan,marilah kita berbuat untuk orang banyak,karena pemangku kepentingan adalah Referensi dari Pemerintah yang memiliki berbagai ragam Progamnya dalam membangun Kesejahteraan Masyarakat Bangsa ini.



Ucapan terimakasih yang sebesar besarnya Kepada BPEDASHL Citarum Ciliwung atas kerjasamanya selama kurang lebih 7 ( tujuh ) tahun,semoga apa yang kita lakukan seterusnya mendapat Berkah dan Pahala yang besar Dari Allah SWT.
Dan semoga kita masih diberi Kesehatan Umur yang panjang  untuk berbuat yang terbaik terhadap siapapun Aminn Ya Robbal Alamin
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabararokatu.

HORMAT KAMI
Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Laskar Hijau Indonesia











0 Comments