>

KERJASAMA YANG BAIK ANTARA LSM DAN PEMERINTAH

6 TAHUN KERJASAMA DENGAN DINAS PERIKANAN DAN PETERNAKAN
UPT.Puskeswan dan Balai Pembibitan Ternak



6 (enam ) tahun sudah kerjasama Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) dengan DISKANAK, melalui Rekan rekan UPT Puskeswan Wilayah Pamijahan dan Wilayah Cigudeg . 
Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Laskar Hijau akan tetap berupaya kuat untuk menjaga nama baik sterhadap Lembaga Pemerintah Khususnya,sebab yang kita cari adalah Program program untuk masyarakat,jika kita tidak memiliki hubungan baik dengan pemerintah,maka bagaimana pemerintah bersikap baik kepada kita sebab nama LSM sudah banyak yang tercoreng hanya karena kepentingan pribadi.
Selama 17 tahun saya mengikuti dan bergabung dalam beberapa Lembaga namun hati nurani ini menolak ketika tak sesuai dengan AD/Art lembaga,untuk itu saya berniat untuk membangun Lembaga dengan satu nama yang dingin dan sejuk jika didengar dan di baca masyarakat,apalagi lembaga yang kita jalani telah mendapat berbagai penghargaan maka semakin kuat kita menjaga nama tersebut agar tetap baik.
Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) Laskar Hijau Indonesia Pada Tahun 2014 dan 2016 telah mendapatkan Penghargaan di tingkat Desa dan tingkat Provinsi Oleh Kementerian Kehutanan Zulkifli Hasan sebagai Lembaga yang konsen terhadap Kebutuhan Masyarakat Khususnya penanaman Pohon atau Penghijauan dan bahkan Menyemai bibit sendiri untuk diberikan secara Gratis kepada Masyarakat.
Sudah tidak terhitung lagi jumlah bantuan Diskanak melalui UPT ,BBI,dan BPT ternak kepada LSM Laskar Hijau Indonesia  untuk di berikan kepada masyarakat secara gratis tanpa embel embel.baik bantuan Budidaya Ayam kampung,benih Ikan sampai Domba.

Ribuuan bahkan ratusan ribu jumlahnya untuk Benih ikan


  
 



Puluhan Domba Bantuan Diskanak Melalui UPT



Kerja keras LSM Laskar Hijau Indonesia dalam Menggapai bantuan untuk masyarakat bukanlah pekerjaan yang sangat gampak,dan untuk menanam dan mendapatkan kepercayaan dari Pemerintah itulah dasar modal yang paling Utama.
Maka Harapan kami kedepan LSM Laskar Hijau semakin maju dan Dipercaya lagi oleh Pemerintah.
Sehingga program program bantuan pemerintah bisa didapatkan sedikit demi sedikit,Ucapan terima kasih sekali lagi kami sampaikan kepada rekan rekan yang ada dipemerinyahan Kab.Bogor khusunya di DISKANAK dan UPT.
Penghargaan  Pertama Menteri Zulkifili Hasan Kepada Laskar Hijau Desa Pabangbon

Penghargaan Ke Dua dari Menteri Zulkifli Hasan Untuk DPP LSM - Laskar Hijau Indonesia

Apa yang saya dapatkan dari Peristiwa ini adalah suatu kebanggaan yang tak ternilai harganya,sebab Penghargaan adalah sebuah harga kepercayaan dari Pemerintah telah saya dapatkan walaupun dari sebuah Lembaga Kehutanan,namun itu sudah suatu bukti dan Dokumentasi bagai saya bahwa apa yang saya lakukan sudah pada tempatnya.
Alhamdulillah niat saya sudah dapat dirasakan sendiri dan Allah memberikan Jawabannya kepada saya.
Untuk itulah saya sampai saat ini masih berhubungan baik dengan Lembaga Pemerintah Seperti DISKANAK Kab.Bogor Melalui UPT UPT wilayah dan Balai Balai Pembibitan Ternaknya .
Saya Mengucapkan Terimakasih kepada Rekan rekan dipemerintahan Kab.Bogor Khususnya Diskanak .Pak Cecep UPT Puskeswan Cigudeg Pak Iban UPT wilayah Pamijahan Dan Kang Fatwi serta Kang Ekon yang sudah pindah saat ini semoga kita terus tetap menjaga hubungan baik ini demi kepentingan dan kemajuan Masyarakat Kab.Bogor khususnya.

HORMAT KAMI
LSM LASKAR HIJAU INDONESIA



Insya Allah Saya selaku Ketua Umum Lembaga LSM - LHI akan terus berupaya menjalankan dan memperkuat Fungsi lembaga sesuai AD/ART.

Lembaga swadaya masyarakat (disingkat LSM) adalah sebuah organisasi yang didirikan oleh perorangan ataupun sekelompok orang yang secara sukarela yang memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan untuk memperoleh keuntungan dari kegiatannya.
Organisasi ini dalam terjemahan harfiahnya dari Bahasa Inggris dikenal juga sebagai Organisasi non pemerintah (disingkat ornop atau ONP (Bahasa Inggris: non-governmental organization; NGO).

Organisasi tersebut bukan menjadi bagian dari pemerintah, birokrasi ataupun negara. Maka secara garis besar organisasi non pemerintah dapat di lihat dengan ciri sbb :

Organisasi ini bukan bagian dari pemerintah, birokrasi ataupun negara
Dalam melakukan kegiatan tidak bertujuan untuk memperoleh keuntungan (nirlaba)
Kegiatan dilakukan untuk kepentingan masyarakat umum, tidak hanya untuk kepentingan para anggota seperti yang di lakukan koperasi ataupun organisasi profesi.



Pada umumnya lembaga swdaya masyarakat adalah sebuah organisasi yang didirikan baik secara perorangan maupun secara kelompok dimana organisasi tersebut tidak berorientasi pada hasil atau laba melainkan karena adanya tujuan tertentu di dalam masyarakat.
Lembaga swadaya masyarakat (LSM) merupakan pengembangan dari sebuah organisasi non pemerintah (omop) atau juga disebut sebagai lembaga non government organization (NGO). Jadi, sebuah Lembaga swadaya masyarakat merupakan sebuah organisasi di luar pemerintah, di luar birokrasi, tujuannya bisa membantu kinerja pemerintah bahkan justru ikut mengawasi jalannya pemerintahan agar tidak menjadi penyebab terjadinya penyalahgunaan kewenangan. Secara umum pengertian lembaga swadaya masyarakat (LSM) merupakan semua organisasi yang tidak terikat dengan pemerintah dan birokrasi
Sebuah organisasi dapat dikatakan masuk dalam lembaga swadaya masyarakat apabila memiliki beberapa ciri berikut ini:
  • Organisasi tersebut bukan bagian dari pemerintah maupun birokrasi, pendanaannya juga tidak terkait dengan pemerintahan.
  • Organisasi tersebut dalam mencapai tuj
  • uannya tidak berorientasi pada laba atau profit belaka melainkan karena adanya tujuan tertentu yang berguna bagi masyarakat pada umumnya,
  • Kegiatan yang dilakukan oleh organisasi tersebut sangat menguntungkan bagi masyarakat umum tidak hanya menguntungkan bagi para anggotanya atau pada profesi tertentu saja.
Lembaga swadaya masyarakat di Indonesia
Saat ini di Indonesia setidaknya terdapat kurang lebih 10.000 lembaga swadaya masyarakat yang ikut berperan aktif dalam mengawasi jalannya pemerintahan terutama pada ranah politik. Perkembangan jumlah lembaga swadaya masyakarakat ini disinyalir akan terus merangkak dengan cepat bukan hanya pada tingkat provinsi saja namun juga pada tingkat kabupaten dan kota. Beberapa faktor yang mendukung perkembangan jumlah lembaga swadaya masyarakat ini antara lain adalah karena perkembangan dalam bidang politik, bidang demokrasi, pembangunan ekonomi, teknologi dan semakin banyak warga Indonesia yang merupakan lulusan sarjana.(baca : fungsi partai politik)
Lembaga swadaya masyarakat (LSM) akan dapat mencapai tujuannya dengan baik jika mampu menjalankan fungsinya dengan baik.
Berikut ini adalah beberapa fungsi lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Indonesia:
  1. Sebagai wadah organisasi yang menampung, memproses, mengelola dan melaksanakan semua aspirasi masyarakat dalam bidang pembangunan terutama pada bagian yang kerap kali tidak diperhatikan oleh pemerintah.
  2. Senantiasa ikut menumbuhkembangkan jiwa dan semangat serta memberdayakan masyarakat dalam bidang pembangunan, ini merupakan salah satu fungsi utama dari pembentukan lembaga swadaya masyarakat itu sendiri.
  3. Ikut melaksanakan, mengawasi, memotivasi dan merancang proses dan hasil pembangunan secara berkesinambungan tidak hanya pada saat itu juga. Dalam hal ini LSM harus memberikan penyuluhan langsung kepada masyarakat untuk ikut berperan aktif dalam pembangunan.
  4. LSM juga harus ikut aktif dalam memelihara dan menciptakan suasana yang kondusif di dalam kehidupan masyarakat bukan sebaliknya justru membuat keadaan menjadi semakin kacau dengan adanya isu-isu palsu yang meresahkan masyarakat.
  5. Lembaga swadaya masyarakat sebagai wadah penyalur aspirasi atas hak dan kewajiban warga negara dan kegiatan dari masyarakat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh masing-masing Lembaga swadaya masyarakat.
  6. Lembaga swadaya masyarakat juga harus ikut menggali dan mengembangkan segala potensi yang dimiliki oleh anggotanya sehingga dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan bersama. Dalam hal ini sangatlah penting karena jika anggota dalam lembaga swadaya masyarakat tidak memiliki potensi sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan akan menjadikan LSM seperti halnya mayat hidup, yang ada keberadaannya namun tidak memiliki nyawa di dalamnya.
  7. Lembaga swadaya masyarakat sebagai wadah yang ikut aktif dalam perannya mensukseskan pembangunan bangsa dan negara. Serta dalam hal ini ikut menjaga kedaulatan negara serta menjaga ketertiban sosial.
  8. Sebagai salah satu cara bagi masyarakat untuk memberikan asiprasinya, kemudian aspirasi ini ditampung oleh lembaga swadaya masyarakat sesuai dengan tujuan LSM itu sendiri dan kemudian akan disalurkan kepada lembaga politik yang bersangkutan guna mencapai keseimbangan komunikasi yang baik antara masyarakat dan pemerintahan seperti politik luar negeri Indonesia


0 Comments