>

TAK PERLU TAKUT


           Aparatur Desa Tak Perlu Takut Dengan Wartawan

13 September

1 Votes(5)


KBRN, Bengkalis : Kepala Desa se kecamatan Bengkalis menyampaikan unek uneknya terhadap sejumlah ulah oknum wartawan kepada Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkalis. Pasalnya pihak kepala desa sering di datangi  oknum wartawan yang  meresahkan.

Unek unek ini disampaikan Kepala Desa Se kecamatan Bengkalis saat kegiatan PWI Bengkalis menyapa yang digelar di kantor Camat Bengkalis, Kamis (13/9/2018) siang. Kegiatan diikuti sebanyak 28 desa se kecamatan Bengkalis yang di hadiri Kepala Desa dan perwakilan BPD Desa.

Satu diantaranya diungkap Rosmali kepala desa Damai kecamatan Bengkalis, menurut dia sering di datangi oknum mengaku sebagai wartawan dan terkadang merangkap mengaku sebagai oknum Lembaga Swadaya. Bahkan kedatangan mereka biasanya diwaktu waktu desa sudah pencairan dana desa.

"Kadang datang bilang minta bantuan untuk berangkat ke Pekanbaru. Tentu terkadang kami resah, untuk berangkat mereka kami pula yang membiayainya," jelas Kades ini.

Bahkan jika sampai tidak bertemu di kantor kepala desa ini bahkan dicari ke rumahnya. "Keberadaan oknum seperti ini tentu meresahkan kita, hampir semua kepala desa pasti pernah mengalami ini," terang Rosmali.

Pihaknya berharap kondisi  seperti ini bisa diberikan solusi bagaimana menghadapi oknum wartawan yang seperti ini. Karena memang baru sekali  ada pertemuan antara Kades dengan PWI.

Sementara itu, menyikapi adanya oknum wartawan selama ini meresahkan atau tidak menjalankan fungsi jurnalistik, bahkan sampai memeras desa, Ketua PWI Bengkalis Usman Malik mengatakan, tidak ada wartawan yang bertugas menakut nakuti bahkan sampai memeras dengan berbagai modus. Jika ditemukan hal seperti ini tidak perlu di layani.

"Kegiatan ini kita gelar untuk mensosialisasikan tugas dan fungsi jurnalistik, sehingga kepala desa yang ikut kegiatan ini mengetahui tugas dan fungsi Pers, kedepan setelah mengetahui tugas dan fungsi pers diharap kepala desa tidak perlu takut lagi jika berhadapan dengan oknum oknum yang mengaku wartawan yang datang melakukan hal hal diluar tugas dan fungsi pers yang telah di sampaikan," ungkapnya.

Selain itu kegiatan PWI Bengkalis menyapa diselenggarakan ini bertujuan agar masyarakat desa mengetahui eksistensi keberadaan organisasi wartawan tertua di Indonesia ini ada di Bengkalis. "Kita juga berharap dengan pertemuan ini terjalin kerjasama yang baik antara PWI Bengkalis dan Pemerintah Desa dalam menyukseskan  program pembangunan desa yang ada khususnya dibidang informasi dan publikasi," terang Usman.

Kegiatan PWI Bengkalis menyapa ini baru pertama kali digelar di Kecamatan Bengkalis. Kedepan akan berlanjut terus ke seluruh kecamatan yang ada.

"Untuk minggu depan kita akan menyapa desa di kecamatan Bantan, dan diteruskan dengan kecamatan lainnya," tandasnya.(TSM).

0 Comments